10 Komponen Komputer dan Fungsinya

“Komponen Komputer dan Fungsinya” – Di Era yang serba canggih saat ini, penggunaan perangkat komputer sudah familiar di beberapa kalangan masyarakat. Mulai dari Pekerja, mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga pun sudah mulai menggunakan perangkat canggih yang satu ini.

Personal Computer (PC) merupakan suatu perangkat yang terdiri dari kesatuan beberapa perangkat keras komputer atau disesbut juga hardware di dalamnya yang saling melengkapi fungsi-fungsi dari PC itu sendiri. Masing-masing komponen memiliki peranan yang penting untuk sebuah PC atau Laptop. Tidak heran jika beberapa pengguna akan mempertimbangkan komponen apa yang hendak mereka pilih pada sebuah perangkat PC atau laptop untuk kebutuhan masing-masing penggunanya. Apa saja komponen dasar yang harus diketahui fungsinya tersebut, berikut ini rangkuman “komponen komputer dan fungsinya” oleh GenyTik.

Komponen Komputer dan Fungsinya

1. Motherboard

Motherboard adalah komponen yang paling utama dalam sebuah PC atau Laptop. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengintegerasikan fungsi dan menyalurkan daya dari PSU ke beberapa komponen lainya yang terhubung. Motherboard juga memiliki chip bios (program penggerak) yang berfungsi untuk mengenali semua perangkat keras yang terpasang pada Komputer. BIOS juga berfungsi menyediakan intruksi pada mikroprosessor untuk menyalakan komputer (booting).

Motherboard

Di dalam motherboard biasanya dijumpai beberapa komponen seperti VGA, Sound, dan LAN Card, yang biasa disebut dengan komponen internal. Pengguna dapat melakukan upgrade dibeberapa komponen tersebut dengan penambahan komponen pada slot yang tersedia seperti AGP, PCI, dan PCI-e yang biasa disebut slot untuk komponen external.

2. Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit sering disebut CPU adalah komponen komputer dan fungsinya mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya. Oleh karena itu CPU juga disebut sebagai otak komputer.

komponen komputer dan fungsinya

Fungsi utama dari CPU yaitu melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa komponen perangkat keras lainya. Informasi atau instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada RAM, dan akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dipilih. Beberapa vendor IT secara terus menerus melakukan riset dan pengembangan untuk membuat CPU yang handal, diantaranya yang sering kita jumpai produknya yaitu Intel dan AMD.

3. Random Access Memory (RAM)

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang memliki fungsi untuk menyimpan data sementara. Data tersebut dapat berupa data aplikasi atau operasi sistem. Sehingga data dapat di akses dalam waktu yang konstan atau tetap namun hanya bersifat sementara. Artinya jika komputer perangkat yang menggunakan RAM dimatikan maka data tersebut yang ada pada RAM juga akan terhapus.

10 Komponen Komputer dan Fungsinya | 3 1

Pada umumnya RAM bekerja membutuhkan daya elektrikal sebesar 1.5V yang diperoleh dari PSU dan disuplai melalui motherboard. Namun ada beberapa RAM yang hanya membutuhkan daya sebesar 1.35V, salah satunya yaitu DDR3L. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang DDR3L sobat GenyTik bisa baca artikelnya disini. Jadi dapat disimpulkan bahwa RAM bekerja hanya saat komputer atau perangkat dalam keadaan hidup saja karena membutuhkan daya untuk dapat bekerja.

Baca Juga:  Perbedaan RAM DDR3 dengan DDR3L Beserta Faktanya

4. Hard Disk Drive (HDD)

Harddisk atau HDD merupakan komponen komputer dan fungsinya yang utama dalam media penyimpanan pada perangkat komputer. Berbeda dengan RAM, harddisk memiliki sifat penyimpanan yaitu semi-permanen. Kenapa demikian? Karena data yang disimpan pada harddisk tidak akan hilang apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop tersebut. Dengan kata lain, harddisk mampu menyimpan data pengguna maupun aplikasi sampai pengguna tersebut menghendaki data di dalamnya dihapus. Kapasitas atau daya tampung pada harddisk itu juga terbilang cukup besar dibanding media penyimpanan lainya seperti flashdisk, dan CD/DVD.

10 Komponen Komputer dan Fungsinya | 4 1

Pada zaman sekarang HDD memiliki perkembangan teknologi serta desain yang sangat pesat di dalam dunia media penyimpanan. Saat ini teknologi harddisk tradisional sudah banyak ditinggalkan penggunanya dan beralih ke SSD. SSD adalah singkatan dari Solid State Drive yang juga memiliki fungsi yang sama seperti HDD pada umumnya. SSD merupakan transformasi teknologi dari HDD yang menggunakan piringan dan komponen penggerak lainya ke teknologi flash atau chip seperti pada RAM atau USB Flashdisk. Dengan teknologi flash yang terdapat pada SSD maka secara kecepatan pemrosesan data pada SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD.

5. Power Supply Unit (PSU)

Power Supply Unit atau disingkat dengan PSU yang berarti Perangkat Sumber Daya. PSU merupakah komponen komputer dan fungsinya untuk mengkonversikan bentuk energi listrik dari alternating current (AC) ke dalam bentuk direct current (DC) lalu disalurkan ke berbagai komponen lainya yang terhubung dalam bentuk energi DC yang pendistribusianya dimanajemen oleh motherboard.

Power Supply

Dilihat dari segi performa untuk perangkat komputer, fungsi PSU memang terlihat seperti tidak terlalu penting. Namun perlu diketahui bahwa PSU salah satu komponen yang menjaga komponen lainya dari ancaman aliran listrik yang fluktuatif biasanya dibawa dari aliran listrik rumah. Aliran listrik yang fluktuatif ini dapat menyebabkan kegagalan sistem elektikal atau bahkan mematikan fungsi dari komponen elektronik yang teraliri.

Oleh karena itu pemilihan PSU yang tepat juga perlu diperhatikan untuk pertimbangan agar komponen lainya pada perangkat PC dapat berjalan dengan baik dan awet.

6. VGA Card

VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator. VGA yaitu komponen komputer dan fungsinya untuk melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor.

VGA

VGA card memiliki struktur yang hampir mirip dengan sebuah komputer. VGA memiliki komponen prosesor yang disebut dengan GPU atau Graphic Processing Unit dan memori di dalamnya. Prosesor ini akan panas jika dialiri listrik saat bekerja, sehingga dibutuhkan heatsink sebagai penyerap panas dan kipas sebagai pereda panas pada heatsink.

Baca Juga:  10 Penyedia Layanan CDN Terbaik Untuk Website

7. Sound Card

Sound Card atau SC pada umumnya pengguna tidak melakukan upgrade dengan menambahkan pada komponen external. Namun bagi seorang profesional multimedia atau audio engineering soundcard menjadi sebuah komponen yang sangat diperlukan. Selain itu biasanya para gamers juga kerap menambahkan SC yang handal dengan paduan headphone agar sensasional bermain game yang sangat memuaskan.

Soundcard

Sound card adalah sebuah komponen tambahan pada komputer berfungsi untuk memproduksi suara yang dapat didengar melalui speaker atau headphone. Soundcard sendiri terdiri dari beberapa macam sesuai dengan fungsinya. Soundcard untuk keperluan sehari-hari seperti mendengarkan musik ataupun bermain game, tentu berbeda dengan soundcard untuk audio engineering. 

8. NIC

NIC adalah singkatan dari Network Interface Card, saat ini NIC merupakan salah satu komponen yang sudah menjadi standar di dunia. Setiap komputer, PC maupun laptop haruslah memiliki perangkat keras NIC ini di dalam sistem perangkat kerasnya. Standardisasi ini bertujuan untuk mendukung konektivitas terhadap jaringan komputer.

Network Interface Card

Fungsi NIC yaitu sebagai interface untuk pertukaran data melalui jaringan komputer. Komunikasi melalui jaringan komputer menggunakan protokol, baik secara fisikal seperti Ethernet, maupun logical seperti Dial-Up Adapter. Semua kartu jaringan seperti Ethernet Card atau LAN Card, WiFi Card, bahkan Optical Network Unit (ONU) atau Optical Network Terminal (ONT) masuk dalam kategori NIC.

9. Optical Disk Drive

Optical Disk Drive (ODD) merupakan perangkat keras pelengkap atau peripheral yang umumnya terdapat pada PC maupun laptop. ODD digunakan untuk membaca dan menulis data ke CD dan DVD, yang dikenal dengan istilah burning atau sebaliknya. ODD menggunakan sinar laser pada spektrum untuk membaca dan menulis data ke piringan CD maupun DVD.

Optical Disk Drive

Peripheral ini juga sudah banyak ditinggalkan oleh penggunanya seiring perkembangan teknologi media sharing atau streaming berbasis cloud seperti youtube, spotify, dll. Namun peripheral ini masih tergolong peripheral yang mungkin tidak akan tergantikan menurut fungsinya untuk membaca dan menulis data ke media disc, selama industri perfilman atau musik masih memakai media disc untuk menjual karya industrinya.

10. Case

Case atau kasing pada PC adalah kotak atau rumah komputer yang berfungsi sebagai tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan komponen lainya. Case sangat penting juga sebagai mempercantik tampilan fisik pada perangkat PC atau laptop. Karena sebaik apapun hardware atau komponen PC jika tidak ada case maka akan terlihat berantakan dalam penempatanya.

Case Komputer

Selain itu case juga berfungsi sebagai bracket atau dudukan FAN atau kipas tambahan yang hendak kita pasang untuk mendinginkan suhu didalam PC.

Nah itulah beberapa komponen yang kami rangkum dalam artikel kali ini. Semoga dapat menambah wawasan sobat semua serta bermanfaat, terutama yang ingin merakit PC sendiri. Jika ada yang keliru atau pertanyaan atau perlu kita diskusikan, silahkan tinggalkan komentarnya ya,. 🙂

Terimkasih.