Cara Membuat USB Bootable Windows 10 Dengan Mudah

Halo sobat GenyTik, kali ini kita akan melanjutkan artikel sebelumnya tentang Cara Install Windows 10 Lengkap Dengan Gambar (step by step). Cara Membuat USB Bootable Windows 10 dalam artikel kali ini GenyTik membagikan tutorial nya dengan media penyimpanan flashdisk dan aplikasi yang bernama rufus. Sebenarnya banyak aplikasi selain rufus yang memiliki fungsi dan fitur yang hampir sama, seperti wintoflash, yumi, unetbootin, dll.

Akan kami update di artikel selanjutnya mengenai aplikasi apa saja yang dapat menjadikan USB flashdisk sebagai bootable OS. Tetap di GenyTik ya sob. 🙂

Sebelum kita ke langkah tutorial nya, yuk kita kenali dulu apa itu bootable.

Apa Itu Bootable?

Secara Teknis Bootable adalah sebuah layanan pada sistem informasi yang terletak pada media penyimpanan, seperti Harddisk, Flashdisk, CD/DVD, dll. Banyak pengguna yang mengasumsikan suatu pengertian bahwa bootable itu hanya terkait flashdisk dan windows OS, namun asumsi itu sedikit keliru. Teorinya adalah bukan hanya flashdisk saja, melainkan semua media penyimpanan juga bisa disebut Bootable seperti CD/DVD, Harddisk, dll, dengan catatan di dalamnya sudah di program dan di konfigurasi untuk menjadi suatu bootable untuk sistem operasi.

Dengan kata lain USB bootable berarti layanan pada sistem informasi yang terletak pada media penyimpanan Flashdisk atau USB yang akan dibaca oleh BIOS pada Boot Sistem Operasi.

Fungsi Bootable

  • Sebagai media untuk mentransfer file sistem operasi yang sudah dilakukan ekstak file sebelumnya menggunakan teknik tertentu, yang dikenal dengan istilah “Instal OS
  • Sebagai sistem operasi sementara untuk melakukan troubleshooting, jika terjadi kerusakan pada sistem operasi utama yang digunakan.
  • Sebagai alternatif untuk pemulihan data atau file yang dapat beresiko terjadinya kehilangan data.
  • Membantu sistem admin untuk melakukan perubahan atau modifikasi tertentu dalam lingkup OS.

Haruskah Menggunakan Bootable ?

cara membuat usb bootable windows 10

Kalau kita tinjau kembali dari beberapa fungsinya di atas, maka bootable tidak akan terlepas dari sistem operasi. Karena setiap sistem operasi melakukan first boot, secondary boot, dst, melalui media penyimpanan yang terdeteksi dalam sistem informasi BIOS, seperti Harddisk, Flashdisk, CD/DVD ROM dan lainya.

Misalnya, jika kita menggunakan sistem operasi dengan Multi OS (lebih dari satu sistem operasi) namun kita tidak mau menjadikan Hardisk Utama kita dengan konfigurasi dual boot. Maka kita dapat menambahkan media penyimpanan lainya atau HDD untuk melakukan booting di OS yang berbeda. (HDD1 > Windows 10 dan HDD2 > Linux Ubuntu).

Contoh lainya ketika kita ingin melakukan instal ulang OS pada PC kita, maka hal pertama setelah memiliki bootable OS kita perlu setting Boot Priority atau First Boot pada konfigurasi BIOS dan menentukan media mana yang akan digunakan agar sistem dapat melakukan loading boot sesuai yang ditentukan.

Cara Membuat USB Bootable Windows 10

Tutorial ini menggunakan software bernama rufus, namun tidak terbatas hanya rufus, melainkan sobat GenyTik dapat melakukanya dengan software sejenisnya.

1. Download Software USB Bootable

Silahkan download rufus dilaman resminya disini atau mirror di halaman unduh GenyTik.

2. Konfigurasi

Konfigurasi untuk cara membuat USB Bootable windows 10 yang kita lakukan cukup mudah dan simpel. Berikut langkah-langkahnya.

Double klik pada icon rufus yang sudah di unduh, akan muncul konfirmasi UAC, klik yes.

cara membuat usb bootable windows 10

Tampilan UI dari software rufus. Klik SELECT untuk memilih file .iso dari OS.

cara membuat usb bootable windows 10

Arahkan ke direktori file OS (.iso), dan pilih Open.

cara membuat usb bootable windows 10

Pada tahap ini, kita sesuaikan dengan skema partisi pada harddisk PC atau laptop kita. Berikut poin-point yang sudah GenyTik tandai.

  1. Device > Pastikan device atau usb flashdisk yang dipilih benar.
  2. Partition scheme > Sesuaikan dengan tipe partisi harddisk. Kebanyakan tipe PC atau laptop saat ini adalah GPT.
    Jika salah memilih skema partisi tenang aja sob, karena tidak akan terjadi apa apa kok, karena harddisk tidak akan bisa ditulis OS dengan bootable yang salah skema partisinya atau instalasi OS tidak akan berjalan.
    Solusinya hanya perlu melakukan langkah ini lagi namun sobat pilih yang sesuai skema partisi harddisk sobat.
  3. File system > Pada pengaturan default dari rufus menggunakan FAT32 untuk format pada USB flashdisk.
    Namun GenyTik merekomendasikan untuk pilih format NTFS karena limitasi performa flashdisk untuk baca tulis akan meningkat menggunakan format NTFS.
cara membuat usb bootable windows 10

Selain konfigurasi diatas biarkan saja default. Lalu klik START

cara membuat usb bootable windows 10

note: saat proses pembuatan bootable maka flashdisk melakukan format, pastikan backup data atau file yang terdapat di flashdisk untuk menghindari resiko kehilangan data atau file sobat.

cara membuat usb bootable windows 10

Bar status menunjukan persentase proses transfer file OS. Tunggu hingga benar benar selesai.

cara membuat usb bootable windows 10

Pada tahap ini kita sudah berhasil cara membuat usb bootable windows 10. Untuk memastikan apakah flashdisk sudah terkonfigurasi USB Bootable dengan baik. Silahkan Eject atau keluarkan flashdisk lalu pasang kembali.

cara membuat usb bootable windows 10

Buka This PC atau My Computer, lalu lihat tampilan pada flashdisk sobat. Jika flashdisk sobat memiliki dua partisi seperti capture gambar diatas, maka prosesnya sudah selesai dan siap untuk melakukan proses instalasi OS windows nya.

Nah itulah cara membuat usb bootable windows 10 dengan mudah, sobat bisa ikuti caranya dan jika ada pertanyaan seputar tutorial ini, silahkan ditanyakan di kolom komentar ya sob.

Semoga bermanfaat. 🙂