Manfaat Jintan Hitam yang Jarang diketahui Banyak Orang

Manfaat Jintan Hitam – Habbatussauda atau jintan hitam secara ilmiah dikenal sebagai Nigella Sativa, dan merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab. Tinggi dari tanamanya tumbuh sekitar 50 cm, darisanalah tumbuh biji hitam berbentuk persegi panjang yang juga dikenal dengan sebutan Beata Biji (Arab: Habbatul Baraka, atau Habbatul Sauda).

Dahulu bangsa Mesir kuno sering menggunkan jintan hitam sebagai obat mujarab dari segala macam penyakit dan menggambarkanya sebagai lambang pengobatan. Tidak terkecuali dengan bangsa Romawi yang juga mengenal benih ini dan menyebutnya dengan bahasa Yunani, bahkan sering digunakan untuk masalah kesehatan umum seperti sakit gigi, sakit kepala dan terutama digunakan sebagai suplemen makanan. Dapat disimpulkan bahwa jintan hitam sudah menjadi obat mujarab yang digunakan oleh banyak manusia sejak berabad-abad yang lalu.
Namun dibalik kecilnya jintan hitam terdapat banyak sekali manfaat dalam kandunganya.

Manfaat Jintan Hitam

Dilansir dari missionislam.com berikut manfaat jintan hitam yang terkandung didalamnya.

1. Kaya Akan Nilai Gizi

Manfaat Jintan Hitam

Manfaat jintan hitam atau Habbatussauda yaitu mengandung banyak nilai gizi yan penting dalam tubuh kita diantaranya adalah:

  • komponen Polysaccharide non-pati yang merupakan sumber serat makanan yang berguna karena kaya akan asam lemak, terutama asam lemak tak jenuh dan esensial (Linoleic dan Linoleic Acid). Asam lemak esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh saja, dan oleh karena itu kita memperolehnya dari makanan.
  • Habbatussauda mengandung Arginine yang penting untuk pertumbuhan bayi.
  • Analisis kimia lebih jauh mengungkapkan bahwa habbatussauda mengandung Karoten, yang diubah oleh hati menjadi Vitamin A, Vitamin yang dikenal dengan aktivitas Anti-Kanker.
  • Habbatussauda juga merupakan sumber Kalsium, Besi, Sodium, dan Kalium. Diperlukan hanya dalam jumlah kecil oleh tubuh, fungsi utama elemen ini adalah bertindak sebagai faktor utama yang penting dalam berbagai fungsi enzim.

2. Sistem Kekebalan Tubuh (Sistem Imun)

Manfaat Jintan Hitam

Pada tahun 1986, Drs. El-Kadi dan Kandil melakukan penelitian dengan sukarelawan manusia untuk menguji efisiensi manfaat jintan hitam habbatussauda sebagai penambah kekebalan alami. Kelompok sukarelawan pertama menerima kapsul Black Seed dengan mengkonsumsi 1 gram dua kali sehari selama empat minggu dan kelompok kedua diberi plasebo (efek obat non-herbal). Jumlah limfosit lengkap yang dilakukan di semua relawan setelah mengkonsumsi jintan hitam selama empat minggu mengungkapkan bahwa sebagian besar kelompok yang mengkonsumsi Habbatussauda menunjukkan peningkatan 72% pada penekan rasio sel T, dan juga peningkatan Dalam aktivitas fungsional sel pembunuh alami. Sedangkan Kelompok kontrol yang menerima plasebo mengalami penurunan rasio bersih sebesar 7%.

Hasil ini dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di Saudi Pharmaceutical Journal pada tahun 1993 oleh Dr. Basil Ali dan rekan-rekannya dari Fakultas Kedokteran Universitas Kin Faisal.

Di bidang penelitian AIDS secara khusus, tes yang dilakukan oleh Dr. Haq pada relawan manusia di Departemen Pusat Penelitian Biologi dan Medis di Riyadh, Arab Saudi (1997) menunjukkan bahwa Habbatussauda meningkatkan rasio antara sel T pembantu dan penekan T-sel sebesar 55% dengan peningkatan rata-rata 30% dari aktivitas sel pembunuh alami (NK).

Baca Juga:  5 Makanan Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

3. Anti Histamin

Menurut wikipedia, histamin adalah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh, terkadang menimbulkan reaksi alergi dan dikaitkan dengan kondisi seperti Asma Bronkial.

Pada tahun 1960, ilmuwan Badr-El-Din dan Mahfouz menemukan bahwa dimer dithymoquinone diisolasi dari minyak volatile Black Seed, dengan nama “Nigellone,” dan diberikan melalui mulut ke beberapa pasien yang menderita Asma Bronkial, menekan gejala kondisi di Mayoritas pasien

Pada tahun 1993  Dr. Chakravarty melakukan riset tentang mekanisme  di balik efek supresif Nigellone Kristal pada Histamin dan mengungkapkan bahwa Nigellone Kristal menghambat Protein Kinase C, zat yang diketahui memicu pelepasan Histamin. Selain itu, penelitiannya menunjukkan bahwa Nigellone Kristal mengurangi penyerapan Kalsium pada sel mast, yang juga menghambat pelepasan Histamin. Setelah hasil penelitian awal ini, Crystalline Nigellone diberikan pada anak-anak dan orang dewasa dalam pengobatan Asma Bronkial dengan hasil yang efektif dan tidak ada tanda toksisitas. Namun, diamati bahwa meskipun efektif, Nigellone Kristal menunjukkan reaksi tertunda.

Kesimpulan hasil ini adalah bahwa orang-orang yang menderita Asma Bronkial dan Penyakit Alergi lainnya dapat mengambil manfaat dari mengkonsumsi Nigellone Kristal yang terkandung dalam manfaat jintan hitam.

4. Anti Tumor

Pada tahun 1991 Amala Research Center di Amala Nagar, Kerala (India) melakukan studi yang disarankan oleh Dr. Chakravarty dan melaporkan tentang kemungkinan penggunaan habbatussauda dalam pengobatan Kanker.

Dengan menggunakan prinsip aktif asam lemak yang berasal dari habbatussauda, ​​penelitian dengan Swiss Albino Mice menunjukkan bahwa prinsip aktif ini benar-benar dapat menghambat pengembangan sel kanker tipe umum yang disebut Ehrlich asites carcinoma (EAC). Jenis sel kanker umum kedua, sel asites limfoma Dalton (DLA) juga digunakan. Tikus yang telah menerima sel EAC dan Habbatussauda tetap normal tanpa pembentukan tumor, yang menggambarkan bahwa prinsip aktifnya 100% efektif dalam mencegah pengembangan tumor EAC.

Hasil pada tikus yang menerima sel DLA dan habbatussauda menunjukkan bahwa prinsip aktif menghambat perkembangan tumor sebesar 50% lebih sedikit dibandingkan tikus yang tidak diberi prinsip aktif yang terkandung dalam  habbatussauda.

Studi tersebut menyimpulkan, “Sudah jelas bahwa prinsip aktif yang diisolasi dari Bibit Nigella Sativa adalah agen anti tumor yang manjur, dan asam lemak rantai penyusun utama mungkin merupakan komponen aktif utama.”

5.Antibiotik (Anti Bakteri)

Pada tahun 1992 para periset di Departemen Farmasi, Universitas Dhaka, Bangladesh, melakukan penelitian di mana aktivitas antibakteri minyak atsiri Habbatussauda B dibandingkan dengan lima antibiotik: Ampicillin, Tetracycline, Cotrimoxazole, Gentamicin, dan Nalidixic Acid.

Minyak jintan hitam terbukti lebih efektif melawan banyak bakteri, termasuk yang diketahui sangat resisten terhadap obat: V. Kolera, E. Coli (agen infeksius biasa ditemukan pada daging matang), dan semua strain Shigella spp, kecuali Shigella Dysentriae. Sebagian besar strain Shigella telah terbukti cepat menjadi resisten terhadap antibiotik dan agen kemotaputik yang umum digunakan.

Secara tradisional, manfaat jintan hitam atau habbatussauda masih digunakan untuk membantu meringankan muntah dan diare, serta kolik kembung, dan untuk membantu melawan tindakan pengikatan obat pencahar (misalnya obat pencahar tertentu, buah-buahan seperti aprikot saat dikonsumsi berlebihan).

Baca Juga:  5 Makanan Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

6. Anti Inflamasi (Anti Radang / Nyeri)

Manfaat Jintan Hitam

Pada awal 1960, Profesor El-Dakhakny melaporkan bahwa habbatussauda memiliki efek anti-inflamasi dan bermanfaat untuk mengurangi efek Arthritis.

Pada tahun 1995, sekelompok ilmuwan di Laboratorium Penelitian Farmakologi, Departemen Farmasi, Kings College, London, memutuskan untuk menguji keefektifan minyak nabati Nigella Sativa dan turunannya, timinquinin, sebagai agen anti-inflamasi. Studi mereka menemukan bahwa minyak menghambat generasi eicosanoid dan menunjukkan aktivitas anti-oksidan dalam sel.

Penghambatan generasi Eicasanoid, bagaimanapun, lebih tinggi dari perkiraan Thymoquinone saja. Studi mereka menyarankan bahwa senyawa lain di dalam minyak juga bertanggung jawab atas peningkatan reaksi anti-inflamasi pada sel. Tes tersebut juga menunjukkan bahwa Habbatussauda tidak bersifat alergi.

7. Meningkatkan Laktasi

Manfaat Jintan Hitam

Sebuah studi oleh Agarwhal (1979) menunjukkan bahwa habbatussauda meningkatkan produksi susu ibu menyusui. Penelusuran literatur oleh University of Potchefstroom (1989), termasuk abstrak biologis, mengungkapkan bahwa kapasitas Habbatussauda untuk meningkatkan aliran susu ibu menyusui dapat dikaitkan dengan kombinasi porsi lipid dan struktur hormon yang ditemukan di Habbatussauda.

8. Tindakan Lainya

Salah satu penelitian yang dilakukan di Institut Munich untuk penelitian metode terapi baru (Münchner Institut zur Erforschung neuer Therapieverfahren) telah mengkonfirmasi dengan menggunakan metode analisis paling modern bahwa minyak Habbatussauda mengandung lebih dari 100 zat pendukung kesehatan aktif dan menunjukkan keefektifan klinis yang superior seperti Suplemen gizi.

Khasiat Jintan Hitam Secara Umum

Secara umum khasiat dari jintan hitam antara lain adalah:

  • Analgesik: Meredakan atau meredam sensasi nyeri.
  • Anthelmintic: (Juga dikenal sebagai vermicide atau vermifuge) menghancurkan dan mengusir cacingan.
  • Anti bakteri: Menghancurkan atau menghambat pertumbuhan bakteri yang merusak.
  • Anti-inflamasi: Mengurangi peradangan.
  • Anti-Mikroba: Menghancurkan atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme destruktif.
  • Antioksidan: Mencegah atau menunda oksidasi sel-sel tubuh yang merusak yang sangat berguna melawan radikal bebas.
  • Anti-Pyretic: (Juga dikenal sebagai ferbrifuge) – menunjukkan ‘tindakan pendinginan’, berguna dalam pengurangan demam.
  • Anti-spasmodik: Mencegah atau meredakan kejang otot dan kram.
  • Anti tumor: Menangkal atau mencegah pembentukan tumor ganas
  • Kretinatif: Merangsang pencernaan dan menginduksi pengusiran gas dari perut dan usus.
  • Diaphoretic: Menginduksi keringat saat demam mendingin dan merangsang pelepasan toksin.
  • Diuretik: Merangsang buang air kecil untuk meredakan kembung dan membersihkan tubuh dari kelebihan air.
  • Pencernaan: Merangsang empedu dan membantu dalam proses pencernaan.
  • Emmenagogue: Merangsang aliran menstruasi dan aktivitas.
  • Galactogogue: Merangsang aksi susu pada ibu baru.
  • Hipotensi: Mengurangi tekanan darah berlebih.
  • Immunomodulator: Menekan atau memperkuat aktivitas sistem kekebalan tubuh sesuai kebutuhan keseimbangan optimal.
  • Laxative: Menyebabkan kelonggaran atau relaksasi pada perut.

Nah itulah beberapa dari khasiat yang terdapat dalam kandungan jintan hitam, namun semua kembali lagi kepada Allah SWT yang berhak memberi dan menyembuhkan penyakit, seperti dalil-dalil berikut.

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku”
(QS. As Syu’araa: 80)

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya di dalam habbatus sauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian”
(HR. Bukhari no. 5688 dan Muslim no. 2215, ini lafazhnya Muslim)

Kesehatan adalah nikmat Tuhan yang harus selalu kita jaga dan kita syukuri. Baca juga artikel kesehatan lainya di GenyTik ya guys.

Semoga bermanfaat. ?