Pengertian CDN dan 5 Fungsinya

Istilah CDN mungkin tidak asing lagi bagi para penggiat web atau blogger pada zaman sekarang. Apalagi saat ini penggunaan CDN sudah semakin banyak dan mudah untuk di implementasikan. CDN juga salah satu faktor untuk menunjang tingkat SEO dalam kompetisi masuk page one (pejwan) search engine google, bing, dll. Dalam Artikel kali ini GenyTik akan share apa itu pengertian CDN dan fungsinya. Ok sobat kita bahas yuk.

Apa itu CDN ?

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network yang juga suatu kumpulan server global dari seluruh jaringan yang tersebar di berbagai lokasi data center yang dikelompokan secara geografis.

Pengertian CDN

Pengertian CDN atau Content Delivery Network berfungsi untuk menerima dan menyimpan konten atau file statis seperti gambar, css, javascript, dll dari suatu website ke server CDN dan mendistribusikanya kepada pengunjung website tersebut dan mengelompokanya dengan lokasi terdekat antara data center CDN dengan pengunjung dengan metode GeoIP.

Cara Kerja CDN

Cara kerja CDN cukup simpel namun sangat efektif mengurangi waktu respon memuat seluruh konten web, karena mendistribusikan konten dari server terdekat pengunjung. Suatu website yang tidak menggunakan teknologi CDN, maka semua konten akan dilayani oleh server asal (hosting). Bisa kita analogikan misalnya ketika server hosting kita ada di USA, maka pengunjung yang berada di Indonesia akan menerima konten dari lokasi server hosting yang sama yaitu USA. Nah jarak antara lokasi inilah yang memiliki pengaruh besar terhadap keseluruhan waktu pemuatan konten.

Namun berbeda jika suatu website menggunakan CDN, semua konten yang di minta oleh pengunjung akan di distribusikan oleh data center server CDN terdekat dari lokasi geografis pengunjung. Oleh karena itu jika server asal berada di USA, dan pengunjung berada di Indonesia maka akan menerima konten dari lokasi server yang berbeda dari lokasi sebenarnya (USA) dan mengelompokan ke server terdekat. Misalnya server CDN yang kita gunakan memiliki data center di Singapura, maka pengunjung dari lokasi IP Indonesia akan menerima konten dari server CDN yang berada di Singapura. Jarak lokasi antara Indonesia – Singapura lebih dekat dibandingkan Indonesia – USA akan mempengaruhi latency network yang akan mengurangi waktu yang diperlukan untuk memuat suatu halaman website.

Dari contoh kasus di atas dapat di simpulkan bahwa semakin pendek jarak lokasi antar server maka akan lebih ringan dan cepat untuk memuat suatu permintaan antar server tersebut.

Manfaat CDN

Berikut manfaat dan keuntungan dari menerapkan teknologi CDN pada suatu website:

1. Meningkatkan Kecepatan Loading Website

pengertian cdn

CDN mengalokasikan permintaan konten dari pengunjung ke server CDN yang paling dekat. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan pada sisi jaringan antar server, karena mempersingkat routing network pada server. Apalagi jika suatu ISP (Internet Service Provider) yang digunakan oleh pengunjung atau server asal (hosting) memiliki batasan penggunaan bandwidth internasional.

Selain mempersingkat routing network, CDN juga melakukan cache pada konten web dan mendistribusikanya kepada setiap pengunjung web tersebut. Hal ini sangat bermanfaat untuk meringankan beban server asal, apalagi jika website yang memiliki trafik pengunjung yang relatif tinggi, namun memiliki batasan sumber daya server.

2. Meningkatkan Keamanan Website

Pengertian CDN dan 5 Fungsinya | Safe

Website yang di konfigurasi dengan teknologi CDN akan mengalihkan lalu lintas server (hosting) dari pengunjung ke server CDN. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir serangan DDoS. Karena ketika penyerang akan menyusupi website tersebut, secara otomatis dimitigasi oleh server CDN. Server CDN akan mengenkripsi seluruh lalu lintas dari pengunjung menuju server CDN dan server CDN menuju server asal (hosting) juga sebaliknya dengan menggunakan sertifikat TLS (SSL).

Saat ini sudah banyak juga layanan CDN yang menerapkan sistem keamanan terbaru untuk melengkapi fitur perlindunganya, seperti hotlink protection dan secure tokens.

3. Menjangkau Lebih Banyak Pengunjung Website

Pengertian CDN dan 5 Fungsinya | Roaming Map

Dengan menerapkan teknologi CDN pada website, memungkinkan website dapat diakses oleh pengunjung di seluruh dunia. Karena biasanya penyedia layanan CDN memiliki beberapa server atau data center yang tersebar di lokasi yang strategis di seluruh dunia. Ini bukan berarti jika website tidak menggunakan CDN maka website tidak dapat diakses oleh seluruh pengunjung didunia, melainkan faktor geografi antar server dan pengunjung yang menyebabkan permintaan dan respon menjadi lambat bahkan tidak jarang Request Time Out (RTO).

Salah satu faktor mengapa dengan CDN website dapat diakses dari seluruh dunia. Karena alasan keamanan, di beberapa negara memungkinkan menerapkan kebijakan pemblokiran akses pada jaringan atau lokasi tertentu. Hal ini dapat mengakibatkan pengunjung di negara tersebut tidak bisa menjangkau situs yang ada di dalam list jaringan atau lokasi tersebut.

4. Menekan Pengeluaran Biaya

Pengertian CDN dan 5 Fungsinya | Reduce Cost

Pada website yang memiliki lau lintas yang sangat padat, biasanya memiliki pengeluaran biaya tersendiri guna untuk perawatan dan penyesuaian sumber daya pada server (hosting). Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan trafik yang menyebabkan kendala beban berlebih pada server (hosting). Dengan pemanfaatan CDN hal tersebut dapat di atasi karena beban pemuatan konten dan lalu lintas jaringan yang padat akan ditanggapi oleh server CDN dengan baik. Sehingga pemilik server atau hosting website dapat menekan biaya perawatan dan penyesuaian infrastruktur server atau paket hosting yang dikelolanya.

5. Meningkatkan Peringkat Pada Mesin Pencarian

Pengertian CDN dan 5 Fungsinya | My Ranking

Seperti pembahasan diatas, penerapan teknologi CDN dapat meningkatkan kecepatan pemuatan website dan sistem keamananya. Hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan dari mesin pencarian pada situs yang di kunjungi berpredikat baik. Dengan kata lain website dengan CDN akan cepat mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian. Karena salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat pada mesin pencarian adalah kecepatan dan keamanan pada suatu website.

Selain itu pengertian CDN yaitu juga mampu meminimalisir bounce rate pada website. Mengapa demikian? Karena banyaknya bounce rate pada website akan berdampak buruk bagi peringkat website tersebut di mesin pencarian. Salah satu faktor yang mempengaruhi bounce rate yaitu waktu yang diperlukan pada website untuk memuat konten. Semakin cepat waktu pemuatan akan semakin baik meminimalisir bounce rate. Hal ini juga akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Bahkan survey yang pernah dilakukan oleh Nielsen, bahwa 47% dari calon pengunjung mengharapkan halaman yang mereka buka dapat memuat kurang dari 2 detik atau maksimal dalan 2 detik. Sedangkan 40 persen dari pengunjung akan meninggalkan website jika halaman yang hendak dimuat tidak dapat terbuka dalam 3 detik atau lebih.

Ok sobat GenyTik, itulah yang dapat kami bagikan mengenai Pengertian CDN dan 5 Fungsinya. Dalam artikel ini kami merangkum dengan asumsi fungsi dan pengertian CDN secara umum, namun masih banyak fungsi secara khusus yang memang memiliki perbedaan masing-masing dari penyedia layanan CDN itu sendiri. Untuk penyedia layanan CDN bisa kalian baca di artikel “10 Penyedia Layanan CDN Terbaik“.

Semoga bermanfaat untuk semua, dan Terimakasih. 🙂